Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI)

Pengembangan Masyarakat Islam (PMI)

Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) memadukan ilmu sosial terapan, kajian keagamaan dan teori sosial untuk pengembangan dan pembangunan masyarakat. integrasi ini bertujuan untuk mengatasi masalah sosial, memberdayakan masyarakat, memetakan dan menggali potensi masyarakat serta melakukan perubahan sosial menuju masyarakat madani nan ideal. karenanya ilmu yang dikembangkan identik dengan kajian tentang intervensi, rekayasa, ataupun transformasi sosial.

Program Studi PMI mempunyai “tugas suci” untuk mencari, merekayasa dan mengembangkan alternatif model-model penyelesaian masalah sosial di Indonesia khusunya dan masyarakat global pada umumnya.

Proyeksi Lapangan Kerja bagi Lulusan PMI : 

  1. Akademisi / Ilmuan dakwah (dosen, peneliti, analis sosial);
  2. Bekerja pada instansi pemerintah (PNS) ataupun semisalnya yang menangani ataupun beririsan dengan pembangunan berbasia community development dan manajemen partisipasif. seperti di Kementrian Sosial, Kementrian Tenaga Kerja, Kementrian Pertanian, BKKBN, Kependudukan, Pariwisata, Kementrian Pendidikan, Kementrian Agama, Kementrian Dalam Negri, dll).
  3. Tenaga profesional dalam pengembangan masyarakat baik sebagai konsultan, staf ahli, atau pendamping pembangunan;
  4. Tenaga LSM bidang community development;
  5. Perencana dan tenaga lapangan perbaikan lingkungan permukiman kota-kota dan perkampungan;
  6. Tenaga pemberdayaan ekonomi umat;
  7. Tenaga Pemberdayaan Masyarakat dan kesejahteraan Masyarakat
  8. Pengembang sumberdaya manusia, sumberdaya ekonomi dan sumberdaya lingkungan pada berbagai lembaga industri, lembaga ekonomi, lembaga politik, perusahaan/ korporasi, resort wisata, dan pusat-pusat publik lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.